Kandang


Kelinci memerlukan rumah nyaman dan aman untuk tempat tinggal . Perlengkapan yang memadai didalam kandang sangat dibutuhkan oleh kelinci. kandang kelinci membutuhkan sarana berupa kotak sangkar, tempat pakan, tempat minum dan perlengkapan lain.

A. Kotak Sangkar


Sarana ini sangat dibutuhkan indukan yang akan siap melahirkan dan tempat berlindung bagi anak-anak kelinci yang baru lahir. Ukuran kotak sangkar 30 cm x 30 cm x 40 cm . Pintu masuk keluar kelinci berukuran 15 cm x 20 cm. Pada pintu terdapat tanggul pemcegah setinggi 10 cm dari alas yang agar anak kelinci tidak keluar sangkar sebelum waktunya. Kotak sangkar juga diperlukan sebagi tempat sembunyi indukan saat menghindari kejaran anak-anaknya

B. Tempat pakan dan Minum


Ukuran wadah sekurang-kuranya sedalam 7,5 - 10 cm dan diameter 15-20 cm. Syarat Tempat pakan dan minum adalah mudah dipasang dan diambil dari kandang , bobot cukup berat sehingga tidak mudah digulingkan oleh kelinci.






















C. Perlengkapan Lain

Perlengkapan lain adalah mangkuk penakar pakan, timbangan untuk bobot kelinci , dan sikat untuk merapikan bulu-bulu kelinci.

Kebutuhan lain adalah jerami yang digunakan alas indukan saat melahirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

light of dream Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino